Featured Posts
print this page Print halaman ini

Jumat, 28 Mei 2010

Ajaran Ahlisunnah wal Jama'ah


Menurut bahasa (etimologi), Ahlisunnah Wal Jama’ah berasal dari kata:
1. Ahlusunnah berarti “ orang-orang yang menganut dan mengikuti sunnah”
2. Wal Jama’ah berarti “mayoritas ummat”

Rujukan utama yang mengtahui pengertian Ahlisunnah Wal Jama’ah
والذي نفس محمد بيده لتفترق امتي علي ثلاث وسبعين فرقة فواحد ة في الجنه و ثنتا ن وسبعون في النا رقيل : من هم يا رسول الله قا ل اهل السنة والجمعة (رواه الطبرا ن)
Artinya: demi Tuhan yang mrguasain jiwa muhammad, sungguh umatkhu nanti akan pecah menjadi 73 kelompok. Satu masuk surga dan 72 kelompok lainnya lagi masuk neraka. Sahabat bertanya kepada nabi. Siapa mereka itu yang masuk surga itu, wahai Rosulullah? Nabi Menjawab: Mereka itu adalah Ahlisunnah Wal Jama’ah.

Dengan demikian Ahlisunnah Wal Jama’ah mengandung arti “oarang-orang yang mgikuti sunnah Nabi SAW dan mayoritas sahabat, baik dalam syaria’at maupun aqidah.sedangkan menurt istilah (Terminologi) Ahlisunnah Wal Jama’ah diartikan sebagai kaum atau orang-orang yang menganut ajaran islam yang murni sebagaimana yang diajarkan dan diamalkan oleh Rosulullah SAW dan para sahabatnya.

Dengan kata lain Ahlisunnah Wal Jama’ah adalah “pengikut ajaran islam yang berlandasan pada:
1. Al Qur’anul Karim
2. Sunnah Rosul (perkataan, perbuatan dan taqrir)
3. Sunnah Kulafaurrasyidin : Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Ahlisunnah Wal Jama’ah sering juga disebut Kaum Asy’ariyah. Merujuk kepada Imam Abu Hasan Al Asu’ari (lahir Basrah 260 H dan wafat Basrah 324H) dan juga dikenal dengan golongan Al Maturidiyah merujuk kepada Abu Mansur Al Maturiddi (lahir Maturiddi, samarkand 268H dan wafat th. 303 H). Beliau adalah seorang ulama’ besar yang yang mempunyai I’tikad sama dengan yang diajarkan oleh Al-Asy’ari.

Di Indonesia khususnya Jepara Ahlisunnah Wal Jama’ah melalui Nahdlatul Ulama muncul sebagai gerakan pemurnian ajaran-ajaran islam, sebagai respon dan reaksi atas terjadinya penyimpangan-penyimpangan ajaran agama yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengaku atau mengatasnamakan diri sebagai gerakan pembaharu. Sebagai gerakan pemeliharaan, pemurnian ajaran Islam, kaum Ahlisunnah Wal Jama’ah khusunya jepara selau berpedoman pada prinsip At-Tawasuth (jalan tengah) yang meliputi sikap At-Tawazun (keseimbangan hukum, harmonisasi), Al-‘Itidal (tegak lurus, lepas dari penyimpangan ke kanan dan kiri), dan Al-Iqtishad (sederhana, menurt keperluan yang wajar dan tidak berlebihan).
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Ajaran Ahlisunnah wal Jama'ah"

Posting Komentar