Featured Posts
print this page Print halaman ini

Kamis, 27 Mei 2010

Asma'ul Husna dan Kandungannya


Ditinjau dari segi bahasa kata asma’ul husna terdiri dari asma’ kama’ dari ismun artinya nama-nama dan Al-Husna artinya yang terbaik atau yang agung, sehingga makna asmaul husna adalah nama-nama yang agung dan dapat sebaai pedoman setiap muslim yang beriman. Oleh sebab itu yang menetapkan asma’ul husna ini adalah Allah sendiri, maka barang siapayang memahami dan meneladani akan mendapatkan manfaat yang besar di dunia dan akhirat.

Agar asma’ul Husna bisa memberikan makna dalam kehidupan seorang muslim, maka menuntut adanya konsekuensi, baik berupa ibadah, perintah, dan larangan yang merupakan pertanda adanya sifat-sifat dan nama-namanya dalan penciptaan. Setiap sifat menuntut ditunaikannya ibadah tertentu baik dalam bentuk perintah maupun larangan.

Semua tuntutan dari asma’ul husna dapat dikerjakan dalam semua bentuk ibadah, baik ibadah fil qolbi maupun fil fi’li. Sebagi contoh pengetahuan seorang hamba, bahwa Allah adalah Maha Esa dan satu-satunya dzat yang dapat mendatangkan kemudzaratan dan manfaat, member rizki dan menyempitkan rizki, menghidupkan dan mematikan akan kelahiran penghambaan kepada Allah SWT. Yaitu tertanmnya bentuk kepasrahan kepada Allah di dalam setiap orang beriman.
Perlu diketahui bahwa sesungguhnya Allah SWT, mempunyai semua sifat yang agung dan sempurna. Misalnya, Dia memiliki sifat kehendak , maka kehendak yang dia miliki adalah kehendak yang paling sempurna, yakni adanya perwujudan dari semua yang dikehendaki.

Setiap muslim wajib percaya dengan segala sifat yang telah dinyatakan dalam asmaul husna. Dan seorang mu’min diharamkan menyandangkan sesuatu sifat pada dirinya apa-apa yang Allah tidak tetapkan. Apalagi sifat-sifat tersebut menunjuk Makna yang tidak jelas dan bisa merendahkan martabatnya.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Asma'ul Husna dan Kandungannya"

Posting Komentar