Featured Posts
print this page Print halaman ini

Selasa, 18 Mei 2010

Remaja dan Sisi Negatifnya


Sebelum memasuki masa remaja , seorang anak harus melewati masa peralihan (9 – 13 tahun), pada masa ini dikenal dengan masa pubertas, dan pada msa ini seorang anak mempunyai dorongan kuat untuk mengaktualisasikan dirinya menurut jenis kelamin untuk mendaptkan identitas diri.
Dari sisi fisik masa remaja merupakan masa yang paling pertumbuhan bagi seseorang, mulai dari suara, pertumbuhan badan, produksi hormon seks, dll. Perubahn lain remaja yaitu mulai mengalami “nocturnal Emision” atau mimpi basah bagi laki-laki dan mulai haid bagi perempuan.
Di masa remaja banyak nilai-nilai negatif yang dilakukan para remaja, menurut Ronggowarsito: “Di tengah zaman edan, yang beruntung adalah yang selalu ingat dan waspada”. Artinya bahwa masih ada kelanjutan kehidypan setelah mati, dan waspadalah terhadap godaan, karena itu setiap remaja harus mewaspadai perilaku negative berikut:
• Suka keluyuran
• Bermalas –malasan
• Bersendau gurau berlebihan
• Hura – hura
• Ragu-ragu dan bimbang dalam menjalani kehidupan
• Kurang percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki
• Mementingkan bermain daripada belajar
Dalam pergaulan sehari-hari di masyarakat, seorrang remaja harus memiliki pegangan yang kokoh. Diantaranya senantiasa mengontrol diri supaya tidak terlarut pada kesenangan yang ada, bertanggung jawab atas amanta yang telah di emban, mencari teman yang baik, sehingga bisa menjadi motivasi bagi teman.
Secara factual harus diakui bahwa dalam kehidupan remaja perlu mendapatkan perhatian khusus, disamping ketentuan umum tentang hubungan bermasyarakat. Aspek khusus tersubut yakni:
1. Mengucapkan salam dan menjawab salam
Isalam sangat mnganjurkan kepada sesama muslim untuk saling bertukar salam apabila bertemu atau bertamu. Supaya rasa kasih saying sesame umat dapat senatiasa terjaga. Mengucapkan slam hukumnya sunnah, tapi menjawab salam hukumnya wajib.
2. Berjabat tangan
Rosulullah menganjurkan mebgucapkan salam disertai dengan berjabat tangan. Anjuran berjabat tangan tidak dianjurkan bagi pria dan wanita kecuali suami istri atau muhrimnya.
3. Khalwah
Yaitu berduaan antara wanita dan pria yang tidak pun ya hubungan suami istri dan tidak pula mahramnya. Rosulullah melarang pria dan wanita berduaan, baik sitempat umum, apalagi sepi, karena yang ketiga adalah syaiton.
4. mencari teman yang baik
setiap orang dianjurkan bergaul gengan orang sholeh, karena sesungguhnya orang-orang yang lurus dalam tutur kata dan perbuatan mereka, serta menjalani kehidupan sejalan dengan kehendak illahi memiliki daya tarik. Maka barang siapa yang mempunyai fitrah bersih akan cenderung memilih untuk bergaul dengan orang yang baik.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Remaja dan Sisi Negatifnya"

Posting Komentar